3M didirikan pada tahun 1902 di “the Lake Superior town of Two
Harbors”, Minnesota. Lima pengusaha ditetapkan untuk melakukan
penambangan deposit mineral untuk abrasive grinding-roda. Namun deposito
terbukti memiliki nilai yang kecil, dan Minnesota Mining and
Manufacturing Co cepat pindah tidak jauh dari Duluth pada tahun 1905
untuk fokus pada produk amplas.
Tahun perjuangan pun terjadi sampai perusahaan mampu menguasai
kualitas produksi dan penyediaan. Investor baru tertarik pada 3M,
seperti Lucius Ordway, yang pindah perusahaan untuk St Paul pada tahun
1910. Awal teknis dan inovasi pemasaran mulai menghasilkan kesuksesan
dan pada tahun 1916, perusahaan membayar dividen pertama dari 6 sen per
saham.
- Amplas tahan air pertama di dunia, yang mengurangi debu di udara selama manufaktur otomotif, dikembangkan pada awal 1920-an.
- Sebuah tonggak utama kedua terjadi pada tahun 1925 ketika Richard G. Drew, asisten lab muda menemukan selotip. Langkah inovatif menuju diversifikasi dan yang pertama dari merek Scotch tape banyak tekanan-sensitif.
- Pada tahun-tahun berikut kemajuan teknis menghasilkan Scotch ® Cellophane Tape untuk kotak segel dan segera ratusan manfaat praktis ditemukan.
- Pada awal 1940-an, 3M dialihkan menjadi bahan pertahanan untuk Perang Dunia II, yang diikuti oleh perusahaan baru, seperti Scotchlite ™ reflektif terpal untuk tanda-tanda jalan raya, pita rekaman magnetik suara, pita filamen perekat, dan awal keterlibatan 3M dalam seni grafik dengan pelat cetak offset.
- Pada tahun 1950-an, 3M memperkenalkan Thermo-Fax™ proses penyalinan, Scotchgard ™ Fabric Protector, video tape, Scotch-Brite ® Cleaning Pads dan beberapa produk elektro-mekanik baru.
- Dry-silver microfilm diperkenalkan pada 1960-an, bersama dengan produk fotografi, kertas karbon, sistem proyeksi overhead dan bisnis kesehatan berkembang pesat produk perawatan medis dan gigi.
- Pasar lebih lanjut diperluas pada 1970-an dan 1980-an ke farmasi, radiologi dan kontrol energi.
- Pada tahun 1980, diperkenalkan 3M Post-it ® Notes, yang menciptakan sebuah kategori baru di pasar dan mengubah perilaku komunikasi masyarakat dan organisasi selamanya.
- Pada tahun 1990 penjualan mencapai angka $ 15 milyar. 3M terus mengembangkan berbagai produk yang inovatif, termasuk obat-obatan pengubah respon imun; brightness enhancement films untuk tampilan elektronik, dan sirkuit fleksibel digunakan di printer inkjet, ponsel dan perangkat elektronik lainnya.
- Pada tahun 2004, penjualan mencapai $ 20 milyar untuk pertama kalinya, dengan produk baru yang inovatif memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan. Inovasi terbaru termasuk Post-it ® Super Sticky Notes, Scotch® Transparent Duct Tape, optical films untuk televisi LCD dan keluarga baru produk pembersih Scotch-Brite ®, yang memberikan kekuatan menggosok yang tepat kepada konsumen dalam berbagai pekerjaan pembersihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar